Press "Enter" to skip to content

3 Produk Herbal Alami yang Aman Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ahmad Yusuf 0
Bagikan Artikel Ke:

Sobat Lensa Sehat perlu diketahui bawah sumber nutrisi yang mampu meningkatkan sistem sistem kekebalan tubuh sangat mudah Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada produk herbal alami. Produk herbal banyak dicari karena mudah didapatkan dan juga alami sehingga tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Sumber yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sumber gizi juga dapat diperoleh dari produk herbal. Beberapa produk herbal yang kaya akan berbagai macam makro dan mikronutrien yang aman dikonsumsi serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Telah banyak penelitian yang mendukung berbagai manfaat dari produk herbal bagi sistem kekebalan tubuh dengan aman. Beberapa jenis herbal tertentu mengandung zat yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, antiradang, dan antioksidan. Meski telah mengonsumsi produk herbal alami kalian harus tetap menjalankan pola hidup sehat, dan produktif serta tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh, apalagi dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Berikut 3 Produk Herbal Alami yang Aman Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh:

Madu

Rasa madu khas yang berbeda dengan rasa gula dan pemanis lainnya. Madu juga dikenal dengan berbagai manfaa seperti menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu diketahui juga madu memberikan manfaat menangkal radikal bebas dan meredakan batuk.

Madu juga bisa digunakan sebagai pemanis pengganti gula pasir. Kandungan madu berupa glukosa dan fruktosa bisa menstabilkan sehingga gula darah beradaptasi secara cepat. Kandungan nutrisi lain dalam madu yaitu karbohidrat, vit. B, Vit. C, asam amoni, phosphor, kalium dan magnesium.

Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang terbukti bisa digunakan untuk mengobati luka pasien diabetes yang tidak diperkenankan memakai antibiotik.[1]Jennifer Eddy “UW study tests topical honey as a treatment for diabetic ulcers”, UW Health’s Eau Claire Family Medicine Clinic, University of Wisconsin–Madison (2007-05-02.

Habbatussauda (jintan hitam)

Nama latin dari jinten hitam adalah Nigella sativa. Biji-bijian memiliki warna hitam yang digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dulu. Jintan hitam ini berasal dari tanaman berbunga Ranuncukacea mengandung antioksida yang memiliki manfaat melindungi dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Habbatussauda juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur yang bisa menghambat peradangan terjadi. Berbagai penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan manfaat pengobatan yang diberikan oleh jintan hitam. Diantaranya yaitu membantu beberapa pengobatan penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi dan hipertensi, dan lain-lain.

Jadi, Habbatussauda ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, membunuh berbagai bakteri dan virus penyebab hepatitis C, HIV dan flu, dan meredakan terjadinya peradangan pada tubuh.

Dalam Hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi salam yang mengatakan bahwa jintan hitam adalah obat untuk berbagai jenis penyakit kecuali kematian atau penyakit karena usia tua.

“Sesungguhnya pada habbatussauda terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian”.[2]https://muslim.or.id/41709-pentingnya-dosis-dan-indikasi-pada-thibbun-nabawi.html

Kurma

Kurma kaya akan berbagai nutrisi penting antara lain magnesium, kalium, fosfor, zinc, selenium, dan mangan. Sehingga dapat dipercaya sebagai mineral penting dalam fungsi imun tbuh dan mencegah kanker.

Dalam beberapa penelitian juga telah dibuktikan bahwa kurma mengandung banyak antioksidan yang berperan mencegah mencegah rusaknya sel tubuh akibat redikal bebas. Selain itu, buah yang menjadi favorit kaum muslin ini juga mengandung serat yang menjaga kesehatan sistem pencernaan yang dapat mencegah dari sembelit.

Cara konsumsi

Madu, jintan hitam dan kurma dapat dikumsumsi secara langsung atau mencampurkan dengan bahan makanan dan minuman. Seperti satu sendok madu dapat dicampurkan dengan teh, menyiramakan ke atas yoghurt atau roti. Perlu perhatikan juga anjuran cara konsumsi di kemasannya ketika sobat lensa sehat membeli produk tersebut dalam kemasan.

Sekian dulu sobat lensa sehat, selanjutnya bahas mengenai apa ya? Silahkan tinggalkan komen dibawah. Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share . Terima kasih.

Daftar Pustaka[+]

Bagikan Artikel Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *