Press "Enter" to skip to content

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Diri dan Orang Sekitar

Ahmad Yusuf 0
Bagikan Artikel Ke:

Kita semua mungkin sudah tahu bahaya rokok bagi kesehatan dan merokok merupakan aktivitas yang tidak sehat. Bagaimana tidak, di bungkus rokok saja tertulis dengan jelas peringatan akibat merokok. Tapi, tetap saja ada yang masih merokok. Yuk, simak ulasan berikut penjelasan tentang dampak dari merokok.

Definisi Rokok

Rokok dapat didefisinikan sebagai hasil olahan tembakau yang dikemas dalam bentuk batang atau bentuk lainnya termasuk cerutu. Tembakau atau disebut juga tanaman Nicotiana Tabacum dan spesies yang lainnya mengandung senyawa kimia berupa tar dan nikotin dengan atau tanpa bahan tambahan.

Bagaimana Bahaya Rokok bagi Kesehatan dapat Merusak Tubuh Kita?

Ketika merokok berarti tubuh menghirup sekitar lebih 5000 jenis zat kimia yang terdapat dalam rokok. Berikut beberapa kandungan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh yang terdapat dalam rokok:

  • TAR
    TAR adalah komponen dari rokok yang berwarna hitam yang akan melapisi gigi kemudian dapat merusak lapisan gigi yang sangat keras sehingga menyebabkan pembusukan pada gigi. Coba perhatikan dengan seksama kondisi gigi perokok berat, giginya pasti kebanyakan yang rusak dan berwarna hitam atau kuning walaupun tidak semuanya. Merokok juga dapat merusak ujung saraf pada hidung sehingga indra penciuman berkurang. Dan yang paling penting dampaknya terhadap paru-paru dapat menyebabkan kemungkinan mudah terjadinya infeksi. Salah satu penyakit kronik yang dapat terjadi pada perokok adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) contohnya berupa emfisema dan bronkitis jadi keluhan dari pernyakit ini biasa batuk lama lebih dari tiga bulan dan tidak membaik dengan obat batuk. Terjadinya penyakit ini karena asap rokok mengandung bahan kimia sehingga merusak bulu-bulu halus atau silia disepanjang saluran napas . Silia berfungsi menyaring kotoran dari udara yang kita hirup agar tidak masuk ke dalam paru-paru.
  • Karbonmonoksida
    Pada perokok terdapat pula zat karbonmonoksida yang merupakan hasil pembakaran pada rokok. Karbon monoksida akan berikatan dengan hemoglobin karena kandungan asap rokok . Sebenarnya hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh tapi justru karbonmonoksida yang tersebar ke seluruh tubuh makanya pada perokok sering mengalami sesak napas akibat kekurangan oksigen.
  • Nikotin
    Zat inilah yang menjadi alasan utama senua orang tidak bisa berhenti merokok. Kerja nikotin akan memicu otak melakukan pelesan dopamin dan neurotransmitter lainnya seperti endorphin yang membuat perokok merasa senang dan mejadi ketagihan untuk terus-menerus merokok. Inilah membuat perokok kecanduan karena terdapat zat adiktif. Nikotin berserta zat kimia lainnya secara bersama membat pembuluh darah menyempit dan merusak pembuluh darah sehingga mudah terjadi pembekuan darah di dalam yang dapat menyumbat aliran darah. Dan pembukan darah inilah yang menjadi faktor risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner.
  • Arsenik
    Dalam rokok terdapat pula arsenik anorganik. Karena salah satu bahan utama dari rokok adalah tembakau. Tembakau ini berasal dari ladang yang menngandung arsenik karena terpapar pestisida.
  • Nikel
    Nikel merupakan salah satu senyawa kimia berupa logam. Kita bisa menyerap nikel langsung dari asap rokok. Nikel bukan racun tapi pada dosis yang tinggi atau sering terpapar dari menghisap asap rokok mungkin berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker. Dari penelitian yang dilakukan di Institute of Public Nis ditemukan bahwa kandungan nikel dalam darah dan urine perokok lebih tinggi dibandingkan bukan perokok

Kerugian Akibat Merokok dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok tubuh akan kekurangan nikotin akhir anda akan merasa cemas, gelisah, bahkan sampai depresi. Buat yang sementara kerja anda akan tidak dapat fokus jika tidak merokok. Sementara jika merokok dalam jangka yang lama sama halnya menabung racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan hingga kanker. Banyak zat kimia yang terkandung dalam rokok yang memicu mutasi DNA yang dapat menyebabkan kanker secara bertahap jika terus menerus terpapar asap rokok.

Gangguan akibat asap rokok tentu tidak hanya mengancam bagi perokok sendiri tapi juga orang terdekat seperti keluarga juga terkena dampaknya karena asapnya menyebar ke area sekitar. Bagi orang yang telah berkeluarga mesti bijak memilih tempat untuk merokok. Bisa saja akibat sering mengisap asap rokok bagi perokok pasif sama berbahaya terkena penyakit. Dan bahkan lebih parah anak bisa saja mengikuti kebiasaan buruk karena sering melihat orang terdekatnya merokok, ingat anak-anak adalah pembelajar yang hebat dari setiap apa yang dilihat.

Dari kerugian ekonomi juga cukup krusial agar anda dapa mempertimbangkan untuk tidak merokok atau berhenti merokok. Pertama, Perokok tentunya akan terus mengeluarkan biaya untuk membeli rokok ketika sudah terlanjur kecanduan, jika dihitung-hitung uang yang dikeluarkan jumlahnya tidak sedikit untuk membeli rokok apalagi jika perokok berat yang dapat menghabis 2-3 bungkus dalam sehari. Kedua, seiring berjalannya waktu biaya pengobatan mesti dikeluarkan apabila sudah terjadi gangguan akibat merokok.

Tips Buat Kalian Yang Ingin Berhenti Merokok

  • Jika kalian yang inigin berhenti merokok mulailah dengan mengurangi jumlah merokok secara pelan-pelan dan bertahap. Misal satu anda sering merokok 1 bungkus per hari, kurang jadi setengah bungkus dan seterusnya hingga berhenti total.
  • Dan pengganti rokok juga diperlukan untuk mengalihkan pikiran jika rasa candu muncul seperti menyiapkan permen karet. Atau lakukan hal yang menyibukkan diri untuk produktif seperti berolahraga.
  • Dan tak kalah penting komunikasi dengan orang terdekat niat baik agar tidak henti-hentinya saling mengingatkan dan mendukung untuk berhenti merokok.
  • Terakhir, selalu ingat jangan sampai anda baru menyesal setelah terkena penyakit akibat merokok di kemudian hari.

Nah, bagaimana dengan sobat lensasehat.com apakah anda termasuk yang kecanduan rokok? atau ada keluarga dekat yang kecanduan? Apa yang menjadi alasan sehingga tidak bisa meninggalkan rokok?

Sekian dulu sobat lensa sehat, selanjutnya bahas mengenai apa ya? Silahkan tinggalkan komen dibawah. Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share . Terima kasih.

Bagikan Artikel Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *