Press "Enter" to skip to content

Penyakit Batu Ginjal serta 5 Cara Pencegahannya

Ahmad Yusuf 0
Bagikan Artikel Ke:

Sobat lensa sehat pernah mengalami nyeri pada pinggang bagian bawah,buang air sedikit – sedikit dan terasa masih ada yang tertinggal, frekuensi buang air kecil meningkat, sakit saat buang air kecil, warna urine merah muda, merah atau coklat, merasa mual dan muntah, demam atau menggigil. Bisa jadi keluhan tersebut merupakan gejala batu ginjal, meskipun beberapa kasus tidak menimbulkan gejala karena ukuran yang masih sangat kecil dan akan timbul keluhan apabila sudah ukuran batu ginjal bertambah besar.

Pertama, Apa itu defisini batu ginjal?

Batu ginjal adalah penyakit terbentuknya materi keras mirip seperti batu yang berasal dari klasium dan mineral di dalam ginjal. Bukan hanya dalam ginjal tapi batu ginjal bisa terbentuk atau berpindah di sepanjang saluran kencing, dari ginjal ureter (saluran penghubung dari ginjal ke kandung kemih, kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang mengeluarkan urine ke luar tubuh).

Pemicu Terbentuknya batu ginjal

Terbentuknya batu gintal disebebkan oleh berbagai kondisi, seperti kurang minum air putih harian dan berat badan yang berlebih, kebiasaan mengonsumsi makanan (yang tinggi purin, oksalat, dan kalsium) dan perkerjaan yang banyak duduk serta kurang aktivitas gerak. Batu yang terbentuk dibagi empat jenis, yaitu batu kalsium, batu sistin, batu struvit dan batu asam urat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dan Mencegah Batu Ginjal

Cara mencegah terbentuknya batu ginjal cukup dengan menjalan pola hidup sehat. Cara kali ini lebih berfokus untuk menjaga kesehatan ginjal dengan begitu otomatis mencegah batu ginjal terjadi. Diantaranya yaitu:

  • Minum air putih minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas air putih setiap hari. Dengan begitu dapat mencegah kita dari dehidrasi dan mencegah berkumpul dan terbentuknya pembentuk batu ginjal tadi.
  • Tidak sering menahan terlalu lama apabila ingin buang air kecil.
  • Mengatur jumlah asupan artinya boleh saja namun tidak berlebihan konsumsi bahan makanan seperti daging atau unggas yang dapat meningkatkan kadar asam urat untuk mencegah batu ginjal dari asam urat.
  • Usahakan rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolah raga meskipun ada kesibukan, terlebih pada pekerjaan yang menuntut terlalu lama duduk.
  • Perlu perhatian lebih berupa cek kesehatan berkala apabila ada faktor risiko seperti pada seseorang yang menderita penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, obesitas (kegemukan), merokok, dan lain-lain

Sekian dulu sobat lensa sehat, selanjutnya bahas mengenai apa ya? Silahkan tinggalkan komen dibawah. Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share . Terima kasih.

Bagikan Artikel Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *